Macam-macam pantun dan puisi


Macam-macam pantun
BANDUNG123.COM. Macam-macam pantun. Penyair yang ingin menulis puisi berima memiliki beberapa jenis yang berbeda dari sajak dari yang untuk memilih. Beberapa kuat, beberapa lebih halus, dan semua dapat digunakan sebagai penyair melihat cocok. Berikut ini adalah beberapa jenis Pantun:

Akhir Pantun
Berima kata-kata terakhir dari baris dalam sebuah puisi.

Pantun internal
Berima dari dua kata dalam baris yang sama.

Pantun miring (kadang-kadang disebut sempurna, parsial, dekat, miring, off dll)
Pantun di mana dua kata berbagi hanya suara vokal . Slant sajak adalah teknik mungkin lebih selaras dengan ketidakpastian zaman modern daripada sajak yang kuat.

Pantun kaya
Pantun menggunakan dua kata yang berbeda yang terjadi pada suara yang sama (yaitu homonim) - misalnya "menaikkan" dan "meruntuhkan". Contoh berikut - sebuah sajak yang kaya tiga - adalah dari Thomas Hood "Sebuah Upaya Pertama di Pantun":

Pantun Sama
Pantun kata-kata yang terlihat sama, tetapi yang benar-benar diucapkan berbeda. Pembukaan empat baris Shakespeare Sonnet 18, misalnya, pergi:

Di sini, pembaca "beriklim" dan "tanggal" terlihat seolah-olah mereka sajak, tetapi hanya sedikit yang mengucapkan "beriklim" sehingga mereka lakukan. Hati-hati bahwa pengucapan dapat melayang dari waktu ke waktu dan bahwa sajak dapat berakhir sebagai sajak mata ketika mereka awalnya penuh (dan sebaliknya).

Pantun Identik
Cukup menggunakan kata yang sama dua kali. Contohnya adalah dalam (beberapa versi). Sudah jelas sering ada sejumlah tumpang tindih antara sajak dan perangkat puitis lain seperti assonance - mata pelajaran yang akan dibahas dalam tips menulis puisi masa depan.



Berikut ini jenis dan macam macam puisi
Puisi Haiku

Banyak orang telah mendengar tentang haiku. Bahkan, sebagian besar dari kita diperintahkan pada satu titik atau lain-biasanya di sekolah dasar atau sekolah tinggi-menulis salah satu dari kami sendiri. Bahkan jika Anda melakukan itu, kau ingat apa jenis puisi sebenarnya?

Haiku adalah bentuk puisi Jepang yang terdiri dari tiga baris berima non. Baris pertama dan ketiga memiliki lima suku kata masing-masing dan baris kedua memiliki tujuh suku kata. Mereka sering mengungkapkan perasaan dan pikiran tentang alam, namun, Anda bisa menulis puisi tentang setiap topik yang Anda ingin dalam bentuk ini. Mungkin Haiku paling terkenal adalah Old kolam Basho:
Puisi Pastoral

Salah satu favorit puitis adalah puisi pastoral karena mentol indera indah seperti damai dan harmonis. Contoh formulir ini termasuk Keats 'Ode pada Mm Yunani, yang juga merupakan jenis ode. Sebuah bait puisi ini berbunyi:

Seperti haiku, alam sering di pusat jenis puisi juga. Secara umum, puisi pastoral akan fokus pada menggambarkan tempat pedesaan, tetapi istilah akan menjadi damai dan menawan. Anda akan merasa nyaman setelah membaca jenis puisi.

Banyak puisi pastoral yang ditulis tentang gembala. Mereka ditulis sebagai rangkaian berima kuplet.

Puisi Terza Rima

Anda mungkin bisa mendapatkan semacam rasa apa puisi ini meliputi hanya dengan melihat nama itu. Garis dalam jenis puisi tersebut diatur dalam apa yang disebut "Tercets." Apa ini berarti garis datang dalam kelompok bertiga.

Itu tidak berarti bahwa puisi hanya tiga baris. Ada dapat beberapa kelompok tiga baris. Seperti haiku, ada persyaratan suku tertentu, karena kebanyakan puisi yang ditulis di terza rima memiliki garis 10 atau 11 suku kata.

Italia penyair Dante menciptakan bentuk ini, dan Divine Comedy nya adalah salah satu contoh yang paling terkenal dari formulir. Sebuah bait puisi ini berbunyi:

Puisi Kidung
Apakah Anda akrab dengan istilah "balada"? Anda mungkin adalah, karena orang kadang-kadang mengacu pada lagu-sangat romantis yang-sebagai balada. Bahkan, puisi balada sering dinyanyikan-atau setidaknya mereka dimaksudkan untuk dinyanyikan-dan mereka sering tentang cinta.

Seringkali, balada ini akan menceritakan kisah-kisah dan mereka cenderung bersifat mistis. Sebagai lagu tidak, balada cenderung memiliki menahan diri yang berulang pada berbagai interval seluruh.


Puisi Perumpamaan

Kami memutuskan untuk menempatkan fokus pada puisi citra karena kekuatan luar biasa yang mereka miliki. Banyak, banyak puisi dapat diklasifikasikan sebagai puisi citra, namun, beberapa lebih baik di tugas dari orang lain. Individu yang sering menulis puisi citra berbasis dikenal sebagai Imagis..

Jenis puisi bekerja untuk menggambar dalam pikiran pembaca, untuk memberikan citra yang sangat kuat dari apa yang penulis bicarakan. Mereka bekerja untuk mengintensifkan indera pembaca.

Pantun jenaka

Pantun jenaka adalah sebuah puisi yang sering konyol atau aneh, ditulis dalam lima baris dengan skema rima Aabba. Seringkali, limericks menceritakan, cerita lucu pendek.

Jenis puisi telah populer selama ratusan tahun, terutama dalam bahasa Inggris. Ketika limericks pertama kali menjadi populer, mereka sering mengungkapkan ide-ide yang mentah dan off-warna tapi hari ini, limericks mengungkapkan segala macam ide.
Bentuk pantun jenaka yang dipopulerkan oleh seorang penyair Inggris bernama Edward Lear di tahun 1800an, yang limericks sering dimulai: Suatu kali ada atau ada

Puisi Epic

Salah satu jenis terpanjang puisi dikenal sebagai puisi epik, yang telah ada selama ribuan tahun.Secara teknis jenis narasi puisi, yang menceritakan sebuah cerita, puisi epik biasanya menceritakan kisah seorang prajurit mitos dan hal-hal besar yang dia capai dalam semua perjalanannya seperti The Odyssey dan Iliad.Puisi Epic mulai sebagai cerita rakyat yang diwariskan dari generasi ke generasi, yang kemudian ditulis dalam bentuk panjang.


Puisi Elegi
Karena puisi dapat mengekspresikan berbagai emosi, ada bentuk-bentuk sedih puisi serta yang bahagia. Salah satu bentuk sedih dikenal sebagai elegi.

Elegi mengekspresikan ratapan, seringkali atas kematian orang yang dicintai. Hal ini membuat elegi sangat populer untuk pemakaman. Beberapa elegi ditulis tidak hanya untuk membaca keras-keras, mereka dapat dihukum musik dan dinyanyikan.


Puisi Free Verse
Meskipun mudah untuk berpikir bahwa puisi harus berima, sajak bebas adalah jenis puisi yang tidak memerlukan skema sajak atau meter. Puisi ditulis dalam sajak bebas, bagaimanapun, cenderung mempekerjakan jenis bahasa lain kreatif seperti aliterasi, kata-kata yang dimulai dengan suara yang sama, atau assonance, pengulangan suara vokal.

Beberapa orang menemukan sajak bebas untuk menjadi tipe kurang membatasi puisi untuk menulis karena tidak harus menggunakan formulir atau skema berima jenis lain puisi.

Bentuk sajak bebas puisi menjadi populer di tahun 1800-an, dan terus menjadi populer di kalangan penyair bahkan sampai hari ini. TS Eliot adalah salah satu menguasai bentuk, sebaik yang terlihat dalam puisi-puisinya The Waste Land dan The Love Song of J. Alfred Prufrock, yang dimulai:


Sonet
Salah satu jenis yang paling terkenal dari puisi, soneta, telah populer dengan penulis dari Dante ke Shakespeare. Sebuah soneta berisi 14 baris, biasanya dengan dua bait berima dikenal sebagai buninya di akhir.

Shakespeare, terkenal karena menulis lebih dari 150 soneta (termasuk populer nya Soneta 138) dikreditkan dengan menciptakan untuk bentuk soneta yang menikmati popularitas yang luas di seluruh Inggris selama ratusan tahun. Soneta 138 berbunyi:

Membaca dan memahami jenis puisi akan membantu Anda untuk lebih menganalisis puisi bahwa Anda menemukan dan bahkan dapat menginspirasi Anda untuk menulis karya-karya kreatif Anda sendiri.

Semoga anda bisa membedakan macam-macam pantun

Sumber:Internet





Anda Membaca: Macam-macam pantun dan puisi


Artikel Terkait Macam-macam pantun dan puisi:



0 comments:

Post a Comment

Thanks for comments